School Culture VS Percepatan Waktu Masuk Sekolah Jam 6.30

30 11 2008

berangkat-sekolah-part_2

 

Ada apa dengan kebijakan baru pemerintah yang dengan serta merta meninjau kembali waktu jam masuk sekolah yang selama ini pukul 07.00 menjadi 06.30. Adakah kaitannya antara peningkatan SDM dengan percepatan waktu masuk sekolah. Atau mungkin ada tujuan terselubung sesaat yang merupakan jalan pintas menyelesaikan masalah macet yang sering dialami masyarakat metropolis tanpa pertimbangan matang.

 

Merealisasikan program tersebut tampaknya pemerintah masih mempertimbangkan opini-opini yang muncul dari berbagai kalangan, baik pemerhati pendidikan, warga masyarakat, termasuk para peserta didik. Mungkin perlu dirinci alasan kebijakan tersebut agar mengenai sasaran dan logis dipandang oleh para stakeholder, di antaranya:

Pertama, melebihdisiplinkan para siswa dalam hal kehadiran, oleh karenanya penting untuk berangkat lebih awal.

Kedua, memperbanyak alokasi waktu keberadaan di sekolah, sehingga dapat mengakomodir berbagai aktifitas belajar di sekolah.

Ketiga, membantu pihak sekolah dalam kelonggaran mengatur jadual pembelajaran di sekolah

Keempat, membantu pemerintah dalam hal penegakkan disipilin nasional yang dimulai dari usia sekolah.

 

School Culture (kultur sekolah) yang akan sedang dibangun oleh pemerintah hendaknya dapat mencari alasan-alasan yang mencirikan keinginan domain membangun karakter ketimbang hanya alasan penyelesaian kemacetan semata. Macet tidak hanya tercipta secara sendirinya, hal itu terjadi karena beragam sikap prestige dari masyarakat yang berhasrat menunjukkan kekuasaan dan kelebihan yang dimilikinya dan masih banyak alasan lainnya. Mempromosikan kepentingan School culture akan menjadi logical reason bagi siapapun. Keterbukaan pemerintah sekaligus sebagai stakeholder amatlah penting, karena ini merupakan bagian penting dalam membangun  karakter masyarakat agar menjadi exemplary attitude bagi komuniti ke depannya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: