DESKRIPSI SEKOLAH ALAM ANAK SHOLEH

25 05 2010

Pendidikan yang berparadigma BEING adalah fenomena yang harus mengedepan di dalam proses pembelajaran. Paradigma ini memfasilitasi kondisi belajar yang diisi dengan pembentukan karakter (character building) selain internalisasi wawasan siswa yang bernuansa kognitif. Diharapkan dengan pengetahuan yang mumpuni dan akhlak terpuji serta kecakapan yang dimiiki akan dapat membekali para siswa ke depan.

Mendidik dengan cinta, sebuah pendekatan yang sering dilakukan di Sekolah Alam Anak Sholeh. Para guru  dalam aktifitas sehari-hari selalu  menghargai dan mengapresiasi hasil karya siswa. Hal ini tidak lain bertujuan agar siswa selalu termotivasi untuk mengikuti proses KBM dengan optimal. Selain itu mendidik dengan cinta juga berarti mengupayakan beberapa prinsip pembelajaran yang harus direalisasikan di kelas.

Adapun beberapa prinsip pembelajaran yang sering dilakukan adalah: 1) perhatian yang diberikan dalam belajar, 2) motivasi dan inspirasi diberikan secara kontinyu kepada siswa agar terbentuk karakter belajar yang kuat untuk mendapatkan pengalaman belajar (learning experience) yang terbaik bagi setiap siswa, 3) perbedaan individu ( individual differences ) direalisasi dalam bentuk mengakomodir setiap gaya belajar siswa yang berbeda sehingga memungkinkan terjadinya harmonisasi sinergi di antara guru dan peserta didik, 4) pemberian hadiah dan hukuman ( reward and puishment ) sudah menjadi bagian dalam aktifitas pembelajaran di sekolah Alam Anak Shleh. Penegakan disiplin, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan mentaati tata tertib sekolah adalan rambu-rambu yang dipakai untuk menentukan bentuk hadiah dan hukuman yang patut diberikan pada siswa yang terkait.

Pembelajaran menurut Chomsky adalah berorientasi pada perkembangan pada sisi pemikiran dan pengalaman yang dialami siswa. Pembelajaran yang optimal oleh para guru sekolah Alam Anak sholeh dilengkapi dengan berbagai perangkat yang sangat meenunjang keberhasilan pencapaian prestasi yang diharapkan. Perangkat tersebut terdiri dari 1) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), 2). aktifitas pengalaman belajar (learning experience), 3) Media Pembelajaran yang menarik 4) pemilihan metode pembelajaran yang sesuai, 5) Pengembangan Referensi dan buku ajar,  dan 6) pengembangan alat evaluasi.

Selain itu pembelajaran yang dilakukan di sekolah kami selalu berorientasi pada penghargaan atas kebaikan-kebaikan yang dilakukan siswa dalam pembelajaran ketimbang lebih menitikberatkan pada kesalahan-kesalahan yang siswa lakukan. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Irawati Istadi dalam bukunya Hadiah dan Hukuman yang Efektif, seorang anak tidak akan berkembang dengan optimal jika guru/orangtua selalu memfokuskan pada kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa/anak. Sebaliknya anak akan berkembang  dengan baik jika orang tua/guru lebih banyak memperhatikan kebaikan-kebaikan yang telah siswa/seorang anak lakukan. Dengan demikian keberhasilan siswa dalam belajar akan sangat dipengaruhi oleh treatmen positif yang diberikan oleh guru terhadap siswa.

Kelas yang baik tidak terlepas dari kepribadian seorang guru yang bisa menjadi contoh bagi setiap siswa dalam kesehariannya. Kepribadian guru yang baik dan menarik menurut Laela Mona di harian Republika tanggal 23 Januari 2010  minimal harus mempunyai tiga hal, yakni: 1) Brain concept, merefleksikan pengembangan wawasan dan pengetahuan yang dilakukan oleh guru selain menguasai disiplin ilmu yang diampu, 2) Behavior concept, merefleksikan adanya kecerdasan emosional seorang guru dalam berkomunikasi dengan orang lain, sehingga guru dapat mengatur emosi, membaca emosi orang lain dan mampu membantu menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi di antara teman sejawat, 3) Beauty concept, merefleksikan keeleganan seorang guru dalam beraktifitas dengan adanya kemampuan mengatur cara berbicara, bersikap, merawat diri dan tampil dengan baik di hadapan siswa dan rekan-rekan guru lainnya.

Membekali kecakapan hidup (life skill) pada siswa adalah menjadi  tanggung jawab yang diemban oleh para guru . Materi kecakapan hidup dirancang dalam proses pembelajaran aktifitas pagi (morning activities)  dengan memberikan kesempatan pada siswa merawat dan menyiram tanaman disekolah, out bound dan environment care (peduli lingkungan). Dengan demikian diharapkan para siswa dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab, peduli dan kesanggupan menghadapi tantangan hidup ke depan.

Dengan Kepribadian yang menarik, perlakuan yang pandai menghargai hasil karya dan prestasi siswa, aplikasi prinsip-prinsip pembelajaran dalam atmosper kelas, pemenuhan perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan serta penanaman kecakapan hidup pada siswa dapatlah diharapkan akan terwujud sinergi yang harmonis dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.


Aksi

Information

2 responses

6 06 2010
Rena Afandi

assalam wr wb

mohon info alamat & no telp sekolah alam anak sholeh.
saya sdg mencari TK untuk anak pertama saya.
ditunggu infonya asap. terimakasih.

wassalam wr wb

8 06 2010
Agustian

Salam,

Vila Mutiara Gading Blok G1 No. 1 Desa Setia Asih – Tarumajaya – Bekasi, Ibu dapat menghubungi Ketua Lembaga Pendidikan Bpk. Hatta No. Hp 0817830666 atau
ke kepala Sekolah Bu Irna 021-92824463, jika ingin melihat sekolah lebih jauh dapat join di facebook http://www.facebook.com/group.php?gid=123495454340450#!/group.php?gid=123495454340450&ref=ts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: