Misi Kemanusiaan Peduli Merapi, Rabu 3 Nopember 2010

3 11 2010

Sejak keberangkatan Tim Relawan yang terdiri dari Drupadi Foundation-Sehati Gapul Galas-Yayasan Rumah Hati yang tergabung dalam Mustang Peduli 88 FM tiba di Cangkringan pada hari Senin 2 Oktober 2010 pukul 11.00 WIB. Selanjutnya Tim langsung berkoordinasi dengan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

Koordinasi yang semula sudah dijembatani oleh Abi, memutuskan bahwa spot misi kemanusiaan di sektor utara merapi yaitu di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali – Jawa Tengah mengingat bahwa keberadaan Tim Relawan dirasakan sangat kurang ketimbang di wilayah selatan.

Setibanya di Selo Tim telah menempati posko dengan jarak sekitar 6 KM dari puncak Merapi dengan ketinggian 1500 dari permukaan laut. Hal inilah seluruh Tim relawan menyesuaikan kondisi suhu yang sangat dingin di tambah hujan abu vulkanik yang sering turun.

Setelah melakukan maping di Selo, Tim telah menetapkan beberapa program yang akan dijalankan dalam status awas merapi sebagai berikut ;

1. Melakukan pendampingan dengan 5 titik pengunsian dengan jumlah pengungsi 673 pengungsi dengan perincian sebagai berikut :

NO

KELOMPOK PENGUNGSI

JUMLAH PENGUNGSI

DESA ASAL

BALITA

ANAK-ANAK

DEWASA

LENSIA

1

JARA’AN I

14

16

61

9

Cangkol

2

JARA’AN II

2

8

29

4

kuncen – Tegal Seruni

3

SELO PASS

75

96

183

65

Nalangan Lembah

4

P. PONIJEM

7

12

16

51

Jara’an

5

P. SUKARDI

6

19

Jara’an

JUMLAH

104

132

308

129

TOTAL JUMLAH PENGUNGSI

673

2. mendistribusikan jumlah bantuan yang di bawa oleh Tim dan logistic makanan berupa mie instan. Mengingat para pengungsi (biasanya datang pada malam hari di lokasi makanan) masih kekurangan bantuan makanan.

3. Trauma Healing ; motivasi – empaty – game dan Nonton Bareng

4. Evakuasi ; mempersiapkan evakuasi warga di lereng merapi yang jaraknya hanya 4 KM dari puncak Merapi dengan menyiagakan 1 mobil ambulance dan 2 kendaraan mini bus.

Semalam tim juga telah menyalurkan logistic untuk keperluan pengungsi berupa tikar sebanyak 35 buah, selimut 40 buah dan bad cover 6 buah (untuk keperluan bayi) rencananya nanti malam tim akan mendistribusikan sisa logitik.

Saat ini posko relawan sangat membutuhkan logistik, selimut, tikar dan perlengkapan bayi. Dan untuk mempermudah pendistribusian di mohon kepada sahabat di Jakarta agar dapat menstranferkan donasi berupa uang ke koordinator logistik atas nama Farezky Nursanly Bank Mandiri Cabang Juada Bekasi No. A/C 156-0001442096.

 

Demikian Agustian dan Aco melaporkan dari lereng Merapi

Tetap Semangat !!! Walau Kedinginan brrrrrrr……………………………


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: